Infomasi Penting : SITUS REKOMENDASI DARI KAMI SAAT INI ADALAH JPOKER99.COM dan JBANDAR.COM, MIN DEPO RENDAH WINRATE MANTAP, SILAKAN DI GAS BOSKU

Sunday 19 January 2020

# Misteri Di malam Jumat Kliwon Yang Menakutkan

Misteri Di malam Jumat Kliwon Yang Menakutkan

Masterceme, Misteri - Dalam tradisi dan budaya Jawa dan sejumlah suku lainnya di Nusantara ini, ada satu malam dalam seminggu yang dikeramatkan adalah Malam Jumat atau hari Kamis malam. 

Awal mula pemberian predikat keramat pada malam Jumat adalah karena dulunya banyak orang ‘Kejawen’ yang mempercayai hari itu sebagai hari dimana para roh halus seperti setan dan jin akan keluar dan bergentayangan

Misteri Di malam Jumat Kliwon Yang Menakutkan

Hal itu yang kemudian membentuk prespektif masyarakat dalam menanggapi malam Jumat, mulai dari lahirnya mitos seputar alam ghaib atau goib sampai adanya larangan tertentu yang tak boleh dilakukan saat malam Jumat.

Lalu apa saja mitos dan fakta yang sebenarnya ada di balik malam Jumat? Berikut ulasannya yang  kami sarikan dari Tutorialpedia.


Sebagian orang mempercayai bahwa malam Jumat memiliki kekuatan daya magis yang sangat kuat. Hal ini sebenarnya didasari oleh tradisi masyarakat Jawa kuno yang kerap berpuasa selama 40 hari dan puncak puasanya bertepatan dengan malam Jumat Kliwon. 

Pada hari-hari itu juga biasanya akan disiapkan beberapa sesajen, kemudian disebarkan di berbagai tempat yang dianggap sebagai tempat berkumpulnya para mahluk ghaib.

Selain tradisi lokal masyarakat Jawa kuno tersebut ada pula kisah yang menyebutkan bahwa kepercayaan dari budaya luar juga mempengaruhi cara pandang masyarakat terhadap malam Jumat.

Hal ini bermula pada zaman datangnya penjajah Belanda ke Indonesia, saat itu mereka yang merupakan orang-orang bangsa Eropa hadir dengan membawa kepercayaan mistis berupa ‘Friday the 13th’ yang diartikan bahwa setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13 adalah hari yang membawa sial.

Jadi, yang membuat malam Jumat identik dengan malam keramat adalah kepercayaan yang berasal dari tradisi lokal masyarakat Jawa kuno dan kepercayaan yang dianut oleh bangsa Eropa.

 Oleh karena itu, mitos yang ada seputar keramatnya malam Jumat terus berkembang hingga saat ini.


Mengenai tempat angker pun memang semua suku di Nusantara memiliki tempat-tempat angker atau tempat-tempat keramat. Apakah karena sugesti atau karena ada orang yang memang memiliki kemampuan supranatural untuk melihat, merasakan dan menilai tentang kemistisan tempat itu. Dalam dunia psikologi lebih dikenal atau lebih cenderung pada sugesti.

Namun, hal ini sebenarnya masih berkaitan dengan tradisi orang Jawa kuno yang sering menaruh sesaji di tempat yang dianggap angker saat malam Jumat tiba, kemudian banyak orang yang mengartikan bahwa sesaji tersebut dipersembahkan untuk roh dan setan penunggu tempat-tempat angker itu.

Terlebih di Indonesia sendiri banyak terdapat kisah-kisah mistis yang berkaitan dengan malam Jumat dan tempat ‘Angker’. Seperti salah satunya kisah pantai Parangtritis, pesisir selatan, Yogyakarta.

Dahulu kala dikisahkan bahwa pantai Parangtritis merupakan tempat tinggal Nyi Roro Kidul yang merupakan penguasa laut selatan pulau Jawa. 

Oleh karena itu, masyarakat sekitar pantai selatan selalu rutin melakukan ritual upacara keselamatan setiap malam Jumat dengan membawa sesajen yang kemudian disebarkan di laut dengan tujuan menghormati Nyi Roro Kidul agar wilayah pantai selatan terbebas dari bencana. 

Misteri Di malam Jumat Kliwon Yang Menakutkan

Selain kisah tentang Nyi Roro Kidul tersebut, ada lagi sebuah kisah yang juga sangat dipercaya kebenarannya oleh masyarakat, yaitu kisah taman wisata Guci.

Kisah yang berawal di Tegal, Jawa Timur ini bermula saat zaman Walisongo menyiarkan agama islam. Saat itu di terdapat sebuah tempat berupa taman yang mengalirkan sumber air berupa air hangat untuk kepentingan minum orang-orang yang diutus oleh Walisongo untuk menyiarkan agama Islam.

Namun karena jumlah air pada taman tersebut mengalir dengan sangat terbatas, maka pada malam Jumat Kliwon seorang sunan memutuskan untuk menancapkan tongkatnya ke dalam tanah disekitar tempat keluarnya air.

 Saat itulah tiba-tiba secara ajaib air yang mulanya keluar sedikit langsung berubah menjadi amat banyak

Sejak kejadian itu taman tersebut dikenal sebagai taman Guci karena diibaratkan sebagai guci yang menampung dan mengalirkan air secara terus menerus.

Atas dasar kisah tersebut jadilah taman wisata Guci dijadikan tempat keramat oleh masyarakat sekita yang hingga kini kerap dijadikan tempat sesembahan dan pemberian sesaji.

 Daftar Sekarang

No comments:

Post a Comment

Follow Us @soratemplates